Jaga Kebersihan Kamar Mandi dengan Cara Ini!

Jaga Kebersihan Kamar Mandi dengan Cara Ini!

Kamar mandi yang merupakan salah satu bagian dari rumah ini ternyata menyimpan begitu banyak kuman penyebab penyakit. Jutaan bakteri, virus dan jamur dapat berkembang biak dengan baik di sini karena kadar kelembapan udara yang begitu tinggi. Saking banyaknya, kamar mandi di-claim sebagai salah satu tempat yang paling kotor di rumah. Ada beberapa kuman, yaitu E-Coli, Salmonella, dan Streptococcus yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit diare, muntah-muntah, demam, dan gangguan kesehatan lainnya.

Setidaknya ada empat titik di bagian kamar mandi yang paling menyimpan banyak kuman penyakit. Pertama tentunya adalah toilet itu sendiri. Kedua, lantai kamar mandi. Ketiga kepala pancuran atau shower dan yang terakhir adalah keran dan wastafel. Anda bisa bayangkan, jika Anda tidak rajin merawat dan membersihkan kamar mandi betapa kotornya kamar mandi tersebut, padahal setiap hari kita pasti menggunakannya! Karena itu, setidaknya Anda harus dengan rutin membersihkan kamar mandi. Lakukanlah minimal dua minggu satu kali. Tidak perlu terlalu lama, sehingga tidak menjadi beban yang berat. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kamar mandi tetap bersih. Simak tipsnya di bawah ini!

1. Jaga Toilet Tetap Bersih dan Higienis
Tentunya ini adalah hal paling penting yang harus Anda lakukan. Ketika Anda membersihkan toilet, mulailah dari bagian yang luar terlebih dahulu. Gosok seluruh bagian luar dengan sabun khusus membersihkan kamar mandi dan gunakan sabut spons kamar mandi, tapi harus berhati-hati karena Anda bisa meninggalkan goresan pada porselen toilet. Gunakan air panas agar kotoran dapat hilang dengan mudah. Selanjutnya, supaya hasil yang lebih bersih, Anda bisa mengelap permukaan dengan spons khusus juga.

Bagian yang paling kotor, tentu bagian dalam toilet. Gosok bagian dalam toilet tersebut dengan sikat khusus yang dapat membantu Anda lebih mudah membersihkannya karena bentuknya yang dapat menjangkau tempat yang sulit dibersihkan. Jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan. Agar lebih higienis, jangan gunakan sarung tangan plastik karena bahannya yang tipis dan mudah robek, tetapi gunakanlah sarung tangan karet.

2. Hilangkan Noda Membandel
Aktivitas yang dilakukan di kamar mandi sering kali meninggalkan noda-noda membandel yang sangat sulit dibersihkan. Sisa-sisa sabun yang menempel pada keran wastafel, shower, cermin dan tempat-tempat lainnya, lama kelamaan akan meninggalkan noda putih dan akan menjadi kerak dan semakin sulit untuk dibersihkan. Noda tersebut bisa Anda bersihkan dengan sabut spons penghapus noda khusus. Jika ada bagian yang kotor dan berkarat, sebelumnya Anda bisa rendam terlebih dahulu dengan campuran air dan cuka sebelum menggosoknya.

3. Lantai Bersih dan Kesat
Tentunya Anda menginginkan lantai yang bersih dan kesat. Jika lantai tersebut kotor dan licin maka akan membahayakan karena Anda bisa terpeleset dan terjatuh. Bagian dinding dan lantai kamar mandi juga tidak terluput dari noda membandel tersebut, bahkan bisa saja lantai jadi berlumut.

Sebelum mulai menggosok, bersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran sisa di dinding dengan campuran cuka dan soda kue. Gunakan sikat lantai dan mulailah menggosok. Jika ada bagian-bagian yang sulit terjangkau seperti bagian sudut kamar mandi, nat keramik atau bagian lainnya, gunakan sikat yang berukuran lebih kecil agar dapat dibersihkan dengan total. Perhatikan juga jika memang ada beberapa keramik yang memang perlu diperbaiki atau diganti. Jika keramik Anda ada yang retak atau pecah Anda bisa mencari-cari harga keramik yang sesuai dengan bujet Anda untuk memperbaiki dan menggantinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaga Kebersihan Kamar Mandi dengan Cara Ini!"

Posting Komentar